15 Nov 2015

Snus | Topik 2nd



Snus??
    Produk tembakau muncul dalam berbagai varian,
Selain rokok dan cerutuyang dikonsumsi dengan cara dibakar, produk tembakau juga muncul dalam bentuk Snus yang merupakan tembakau bubuk yang dikonsumsi dengan cara dihirup dan snus yang merupakan bubuk tambakau yang dikonsumsi secara oral.


       Snus adalah bubuk tembakau yang diberikan kelembaban pada kadar tertentu , snus dikonsumsi dengan meletakkannya diatas lidah selama beberapa waktu . biasanya snus tidak di fermentasikan dan tidak mengandung gula tambahan . penjualan snus illegal di uni eropa namun ada penyesuaian dengan beberapa Negara snus hanya diproduksi dan diperbolehkan beredar di beberape negara eropa yaitu Swedia, Denmark, Norwegia dan Finlandia. Keberadaan snus sendiri berawal dari populernya penggunaan snuff yaitu bubuk tembakau yang dikonsumsi dengan di hirup . snuff dippulerkan di prancis oleh diplomat prancis .. jean nicot yang memperkenalkan snuff obat migraine . penggunaan snuff beredar sampai ke Swedia pada abad ke 17 . pada abad ke 19 produsen swedia mulai membuat modifikasi dari snuff dengan menambah kelembaban pada bubuk tembakaunya (moist snuff) produk ini kemudian dinamakan snus yang dikonsumsi dengan cara meletakkannya diatas lidah selama beberapa waktu . Brand pioneer dari snus ini adalah Etlan  yang dikeluarkan pada tahun 1822 dan sampai sekarang masih memproduksi snus . snus terbuat dari bubuk tembakau , garam , dan sodium carbonate yang berfungsi untuk mengurangi keasaman dari bubuk tembakau .

Snus diproduksi dengan cara mengeringkan daun tembakau secara alami kemudian digrinding untuk menghasilkan bubuk tembakau yang kemudian dibungkus dan dilakukan proses humidifikasi sehingga menghasilkan produk yang berwarna kecoklatan dan sedikit terasa lembab. Senyawa kimia pada snus hamper sama dengan senyawa kimia pada rokok maupun cerutu, namun memiliki kadar yang berbeda.


Ada dua jeni snus loase snus yaitu bubuk tembakau yang tidak di kemas dalam kemasan dan partica snus yaitu bubuk tembakau yang di kemas dalam kemasan individu seperti kemasan the celup.  partion snus memiliki dua jenis yaitu:

- Original partion yaitu produk snus yang di kemas secara tradisional dimana pembungkusnya diberi      kelembaban tertentu terlebih dahulu sehingga menghasilkan produk dengan pembungkus dengan        warna kecoklatan.
-White portion yaitu produk snus yang memiliki cita rasa mild slower – release. Pembungkusnya           tidak di beri kelembaban tertentu sehingga menghasilkan produk dengan pembungkus berwarna         putih dan dalam kondisi kering.


Portion snus dalam 3 ukuran yaitu : mini, normal/besar  dan maxi. Berat masing masing kemasan bervariasi mulai dari 0.5 g untuk ukuran mini, 1 g untuk ukuran normal dan 1.7 g untuk ukuran maxi . kandungan nikotin snus bervariasi tergantung dari mereknya, yang paling umum adalah 8 mg per gram tembakau . Akhir akhir ini produsen snus mengeluarkan produk dengan lebel strong yang memiliki kandungan nikotin sebesar 11 mg per gram tembakau dan label extra strong yang memiliki kandungan nikotin sebesar 22 mg per gram tembakau . portion snus biasanya dijual dalam wadah kecil yang berisi kurang lebih 24 portion.

Swedish snus terbuat dari tembakau dari berbagai macam varietas yang dikeringkan secara alami . tembakau tembakau kering ini kemudian ditumbuk menjadi bubuk kemudisn di campur dengan air, garam, alkylizing agent dan aroma kemudian dipanaskan . snus memiliki kandungan air hampir 50%.



Hasil pengujian snus oleh lembaga tembakau jember






Pembahasan.
1.Original white snus memeliki kandungan air yang lebih besar dari varian strong portion.Original portion snus merupakan produk yang melalui kandungan air yang tinggi.

2.kandungan nikotin untuk stong portion lebih besar dari original portion sedangkan untuk kandungan gula pada original strong portion.