15 Nov 2015

Diantara jamu tradisional Indonesia & China | Sisi Lain 2nd


Diantara jamu tradisional Indonesia & China


Tahukan Anda?

Tahukah anda tentang jamu tradisional? Jamu tradisional adalah ramuan herbal dari beberapa tumbuhan yang di fungsikan sebagai penawar atau pemberi nilai tujuan tertentu pada pengkonsumsinya. Jamu tradisional merupakan budaya pemikiran asli dari manusia untuk menemukan solusi dari suatu keadaaan. Bertahun tahun yang lalu manusia telah mengenal alam dengan menemukan manfaat dari tumbuhan yang ada di sekitar mereka. Karena tiap negara berbeda tumbuhannya, maka berbeda pula cara mereka meramu jau tradisionalnya.


     Cina adalah negara yang bisa di katakan cukup pesat bila kita berbicara tentang industri kesehatan. Jamu ,cara hidup tradisional, pengobatan alternatif, dan termasuk di dalamnya,.masyarakat modern sangat mempercayakan segala urusan kesehatan kepada produk cina saat ini. Pengobatan alternatif cina pun telah di sandingkan dengan pengobatan modern dari dunia kedokteran.  sempatkah ini terfikir oleh kita “ mengapa  cina bisa maju dalam hal menjual jamu tradisionalnya? Atau benarkah cina memiliki ramuan ampuh yang tidak di miliki negara lain?


Jawabannya adalah, SAMA.. ya sekali lagi cina sama seperti negara lainnya, termasuk sama seperti indonesia. Tidak ada ke istimewaan yang begitu menonjol bila di sandingkan dengan negara lain. Mengapa bisa begitu? Ini semua hanya karena cara perlakuan terhadap produknya sendiri, yaitu jamu tradisonal sendiri. Bahkan negara lain pun sangat bisa sekali bisa membuat jamu tradisional dengan menggunakan bahan yang di ambil dari negeri cina dengan khasiat yang sama, tentu saja tanpa harus menjadi orang cina. Sekali lagi perlakuan terhadap produk itu penting sekali.



     Cina menerapkan sistem penelitian dan observasi terhadap bahan yang akan di gunakan dalam pembuatan jamu tradisonal mereka tak melupakan para ahli khusus yang sejalan dengan mereka, artinya semakin banyak pemikir dan peneliti maka sebuah target yang di inginkan dari produk tersebut semakin di kenali. Cina juga tak egois dalam pembuatan produk jamu tradisional, mereka juga melibatkan alat takaran modern dan tester modern, mengapa? Karena pembuat jamu tradisional cina tahu bahwa kemampuan manusia menakar dan menguji berkurang seiring usia sekalipun di telah sangat ahli.
      Masyarakat cina juga mengajarkan bahwa jamu tradisional adalah warisan yang tak kalah hebatnya dengan obat obatan modern, hal ini telah di ajarkan sejak mereka duduk di bangku pendidikan. maksudnya adalah agar masyarakat cina lain juga bisa membuat jamu yang sama sesuai komposisi yang ada.

    Cina juga berusaha sejujur mungkin dalam membuat jamu tradisional, mereka menyertakan jumlah takaran atau komposisi pada setiap bungkus jamu atau kedai jamu di tempat mereka, hal ini bukan tanpa tujuan.. maksudnya adalah agar masyarakat cina lain juga bisa membuat jamu yang sama sesuai komposisi yang ada.



      Kita bandingkan dengan indonesia, indonesia memiliki tanah ajaib. Jauh lebih ajaib bila di bandingkan dengan cina. Segala tumbuhan cina bisa tumbuh subur di tanah indonesia. Tentang jamu tradisional indonesia juga memiliknya, jamu yang jauh lebih detail untuk urusan penyakitnya dari susah tidur hingga sulit mendapatkan keturunan di indonesia ada. Tapi realita yang ada adalah masyarakat indonesia lebih mempercayakan pada obat modern atau dari negara lain. Kondisi ini sungguh memprihatinkan mengapa jamu yang tingkat detailnya lebih banyak justru di tinggalkan dan di gantikan oleh obat modern? Tak adakah khasiat dari jamu tradisional di indonesia ?



     Jawabannya adalah, jamu tradisional indonesia SAMA ampuhnya seperti jamu tradisional negara lain termasuk cina. Ini hanya tentang hal perlakuan terhadap produknya saja. Masalah kesembuhan memanglah sugesti dari manusia itu sendiri tapi kualitas produk menjadi penentu dari sugesti itu sendiri. Kondisi indonesia saat ini adalah dimana masyarakatnya lebih percaya akan hal berbau modern, mengesampingkan hal yang tradisional atau bahkan menjadi musuh bagi mereka. Masyarakat indonesia lebih mempercayakan kesehatan mereka di tangani produk negara lain. 




     Untuk masalah jamu tradisional,masayarakat indonesia meyakini produk mereka sangat berefek samping dan di anggap sangat kuno.ada alasan di balik semua ini. Padahal kita tahu jamu tradisional indonesia terkenal dan banyak di konsumsi di tahun 90 an ke bawah. Kini konsumennya menurun dan bahkan di jauhi. Ini di sebabkan oleh produsen jamu tradisional yang tidak jujur, salah satu kasusnya adalah jamu tradisional indonesia sempat di campuri obat instan berupa pil/kapsul. Efeknya tentunya sangat fatal, selain fungsi dan manfaatnya berubah maka tingkat resikonya juga semakin bertambah. Sembuhnya kali ini bisa menjadi 2 jalur, lewat obat modern atau lewat jamu tradisional tersebut. Seakan akanjamu tradisional adalah kedok. Dari pencampuran tersebut berimbas pada kepercayaan masyarakat, ketika ada pihak yang menguji tingkat pencampuran jamu tradisional di temukan campuran tidak wajar tersebut. Jatuhlah jamu tradisional indonesia di mata rakyat indonesia sendiri.

Kondisi ini terkadang tak bisa di salahkan 100% pada produsen jamu, terkadang ada sebuah pihak yang sengaja ingin menjatuhkkan. Salah satunya dengan mau membayar produsen untuk mencampurkan obat modern/ zat tertentu dengan alasan kombinasi atau inovasi. Masyarakat indonesia atau produsen saat ini terkadang lupa untuk melihat hal yang akan terjadi. Memang penghasilan yang besar atau akan adanya kontrak bisa membuat pendapatan suatu perusahaan bisa pesat, namun citra yang akan di bangun setelahnya akan sangat  terpuruk.


Jamu tradisional indonesia bukan tidak maju, sekali lagi khasitanya sama seperti jamu dari belahan negara manapun, termasuk cina. Perlakuanlah yang membedakannya. Mulai saat ini kita bisa melakukan hal kecil dengan saling mengingatkan pada produsen untuk menggunakan produk indonesia seperti jamu yang benar benar murni jamu. Tak perlu adanya campuran yang akan menipu bangsa ini dan masyarakatnya. Gerbang MEA sudah di depan mata, bila dari hal jamu saja indonesia tidak bisa berdaya saing atau tak  jujur maka di masa depan indonesia akan menjadi negara
Yang dinilai buruk oleh negara sekitar ASEAN.