13 Jan 2016

Sisi Lain - Thailand dan Jajanan tradisional


bersama ir. Desak Nyoman Siksiawati, MMA.
kepala UPT PSMB Lembaga Tembakau Jember


Thailand adalah negara maju yang terkenal akan sektor pariwisatanya serta pertaniannya. thailand juga memiliki kultur budaya yang sama persis dengan indonesia. perpaduan warna pada pakaian tradisionalnya serta berbagai gerakan trariannya mirip dengan budaya daerah Padang di Indonesia.

thailand juga memiliki beragam kuliner yang mirip dengan indonesia, termasuk juga dengan berbagai makanan tradisional lokal berupa jajanan. kali  ini kita akan mengupas mengapa thailand dapat membuat prodok lokalnya yang berupa jajanan ke kelas yang lebih tinggi.

sajian makanan tradisional yang di hadirkan thailand dalam acara

dalam sebuah pertemuan yang di selanggarakan dalam hotel berbintang atau dalam gedung tertentu thailand selalu menghadirkan kuliner lokalnya ini, tujuannya jelas untuk mengenalkan pada tamu bahwa kuliner tradisional ini layak hadir dalam acara tersebut, di lain sisi pemimpin thailand berfikir kreatif untuk membantu ekonomi masyarakatnya dengan berpromosi dan bangga menghadirkan produk masyarakatnya dalam acara pertemuan berkelas. tentu saja ini luar  biasa, bila pemimpin mereka berani mengesampingkan gengsi mereka di atas produk lokal dari masyarakat mereka.


berbagai variasi kombinasi makan untuk di padukan dengan makanan tradisional thailand


thailand tetap mengkombinasikan berbagai sajian mereka dengan kuliner tradisional mereka, ini menunjukkan bahwa thailand memang konsiten untuk menjaga rasa bangganya menggunakan produk masyarakat mereka.

thailand juga selalu berfikir kreatif, dalam beberapa sajian mereka menghadirkan air pandan. air yang di rebus bersama air pandan sehingga aroma dan rasanya tercampur dan menjadikan air tersebut memiliki aroma yang nyaman untuk di konsumsi. konsep yang sederhana namun tak pernah terfikirkan oleh negara lain, tentu saja ini menjadi ciri khas yang tak mudah lekang dari thailand. daun pandan yang tadinya hanya di kombinasikan sebagai bahan kue saja, kini dengan perlakuan khusus dengan cukup di rebus dengan air saja sudah menjadikan produk tersebut layak untuk berada di level yang lebih lanjut serta berkelas.

air putih ( yang terlihat bening ) dan air pandan ( yang terlihat sedikit hijau )


thailand juga memproduksi produk olahan dari sektor pertaniannya berupa buah telasih. sebuah terobosan yang tak pernah terfikirkan oleh negara lainnya juga. buah telasih ini di olah sedimikan rupa dan di kemas semenarik mungkin dalam bentuk berupa botol. produk ini juga memiliki merk dan di patenkan.ini terbukti dari kehadiran produk olahan telasih ini di supermarket standart internasional. tentu saja ini telah memiliki harga jual tersendiri.

produk olahan buah telasih yang berkemasan, produk olahan ini telah hadir dalam supermarket bertaraf international.





thailand secara tidak langsung mengenalkan pada tamu atau pada hadirin yang tiba bahwa buah di negeri ini sangat layak hadir di tengah tengah mereka.cara sederhana untuk menunjukkan kebanggaan pada produk mereka.

sekarang kita bandingkan dengan negara kita, Indonesia. masyarakat indonesia belakangan ini lebih sering menggunakan produk luar negeri. kebanyakan dari mereka berfikir kelas mereka menjadi meningkat bila menggunakan suatu produk dari luar negeri. sekarang negeri kita sedang  krisis kebanggan akan produk dalam negeri sendiri.

pada sebuah acara, tak jarang produk dari negara lain hadir. sebut saja seperti minuman bersoda, atau makanan cepat saji yang menjadi tolak ukur acara tersebut megah atau tidak.
yang  lebih  miris lagi, anak muda di indonesia bangga untuk minum di sebuah bar kopi yang bisa di bilang cukup mahal pergelasnya. mereka berfikir itu adalah kopi terbaik dan tentu saja berfikir bisa mengangkat kelas mereka. padahal di indonesia sendiri ada sebuah kopi terbaik kelas internasional berupa kopi arabika, kopi robusta, serta kopi lokal lainnya.


thailand berani untuk membawa jajanan tradisionalnya dalam sebuah pertemuan berkelas, tapi indonesia malah sering sekali berfikir makanan tradisional kita tak layak hadir disana. dan mmemilih produk negara lain.
untuk buah, sebenarnya indonesia memiliki banyak hanya saja negeri ini malu untuk memunculkannya, entah apa yang terjadi.

bila kita berkaca pada thailand tentunya negara kita bisa lebih baik lagi, bisa di katakan makanan tradisional kita sangat sama dengan thailand. bila kita orang indonesia berkunjung ke thailand dan di suguhi makanan tradisional mereka, maka hal pertama yang terlintas adalah, "ini adalah makanan indonesia". yang membedakan thailand dan indonesia adalah "penyajian dan kemasan"
 sebagai contoh  kita lihat jajanan tradisonal thailand dan cendol indonesia.

jajanan tradisional thailand

cendol indonesia


mirip bukan? thailand berani mengkombinasikan warna dan buah, meski mungkin tamu berfikir bahwa ini makanan indonesia yang berasa sama, kini dengan kombinasi tersebut tamu di paksa untuk mencobanya. cara kreatif yang efektif. tentu saja semakin banyak warna maka tingkat ketertarikan juga semakin bertambah.

 di thailand, bila kita meihat produk olahan yang berupa telasih dan pandan membuat kita berfikir sangat aneh. bahkan sedikit tidak percaya. bagaimana tidak, pandan dan telasih yang bisa di gunakan sebagai bahan baku produk bernilai jual tinggi hanya kita biarkan hiidup liar begitu saja.
thailand melakukan berbagai percobaan dan observasi terhadap produk mereka ini, sedangkan indonesia tidak. yang terjadi adalah mereka baru sadar ketika selama ini produk luar yang mereka gunakan adalah  produk yang tak lebih baik dari produk negaranya sendiri.

masyarakat, pemerintah dan para produsen harus saling mendukung. banyak potensi dari negeri ini yang telah tergali namun para konsumennya cenderung tak percaya dan gengsi menggunakannya. masyarakat harusnya sadar bila penggunaan produk dalam negeri meningkat maka nilai ekonomi dalam negeri mereka juga ikut naik.
indonesia di karuniai tanah subur, berbagai varietas tanaman bisa tumbuh disini. yang di butuhkan hanya kemauan kita untuk membuka pikiran lebih lebar dengan berkaca pada negara lain. semoga cerita tentang thailand dan jajanan mereka menjadi penambah wawasan bagi kita untuk bisa berfikir lebih luas.