20 Nov 2016

wanita di balik tembakau


tembakau adalah sebuah karya seni yang melibatkan banyak tangan. dari mulai proses penanaman hingga proses panen tembakau selalu memiliki sisi  unik dan luar biasa untuk di kupas. tembakau di anggap sebagai dewa penyelamat bagi sebagaian masyarakat, kehidupan mereka bergantung dari hasil tembakau ini setiap tahunnya. bahkan pada daerah penghasil tembakau tertentu seperti jember, terdapat pabrik pabrik besar yang mempekerjakan banyak wanita hanya untuk mengurusi satu hal bernama tembakau ini.
      tembakau dan para wanita? mengapa hal ini berkaitan? mengapa tak pria dan tembakau ? bukankah pria lebih kuat ?
ternyata jawabannya adalah satu hal ini, tembakau memerlukan tingkat ketelitian dalam proses sortasi, terutama tembakau lembaran yang akan menjadi bahan baku cerutu. cerutu memiliki  milai finansial lebih tinggi bila di banding dengan rokok biasa. wanita memiliki sebuah sifat natural sebagai mahluk yang lebih sabar ( telaten : bahasa jawa ) bila di bandingkan pria. ini menunjukkan bahwa wanita benar benar berperan penting demi terciptanya sebuah cerutu berkualitas, sedikit saja kedetilan tidak tercapai maka sebuah cita rasa dari mahakarya berupa cerutu tak akan tercapai.


pada film kali ini akan di jabarkan seberapa besar peran wanita dalam dunia industri tembakau. wanita yang kita anggap mahluk paling indah kini telah bersanding dengan bakal calon mahakarya terindah berupa cerutu.